Friday 12 August 2016

Pengalaman PPSMB 2016

Hello, there!

Setelah sebelumnya aku cuma menulis tentang yang galau-galau.. (halah!) akhirnya aku mencoba menceritakan sedikit pengalaman PPSMB UGM 2016. PPSMB adalah singkatan dari Pelatihan Pembelajar Sukses bagi Mahasiswa Baru, kalau secara umum mungkin orang lebih mengenalnya dengan nama OSPEK (Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus). Namun UGM memakai istilah PPSMB yang jauh dari perploncoan dan segala bentuk kekerasan. Cmiw!

Oke, jadi PPSMB 2016 sebenarnya sudah berakhir seminggu yang lalu, pelaksanaannya tanggal 1-6 Agustus 2016. Selama 6 hari itu isinya seru-seruan. Hari pertama, tentu saja ada opening ceremony PPSMB. Tokoh nasional yang hadir di opening ceremony tahun ini adalah Bapak Ganjar Pranowo, S.H. Salah satu tokoh terfavorit aku. :)) orasi Pak Ganjar pokoknya membakar kulit kita.... eh bukan, maksudnya membakar semangat kami semua. Kalau yang membakar kulit ya sinar matahari yang hari itu sedang panas-panasnya. :D
Selain orasi tokoh nasional, ada juga aksi terjun payung oleh Kamenwagama (Keluarga Alumni Resimen Mahasiswa Universitas Gadjah Mada). Kami sebagai maba-maba yang terlalu excited ini mengiringi aksi terjun payung itu dengan tepuk tangan meriah. Setelah selesai opening ceremony, kami berangkat (dengan jalan kaki) dari Lapangan Pancasila GSP ke Fakultas Biologi. Lumayan capek, lho. Tapi kami maba-maba yang kuat hahaha! Daaaan ketika kami sudah senang sampai di Fakultas Biologi, ternyata ruang kelasnya ada di lantai 3. :') lagi-lagi, kami maba yang kuat.
Di ruang 5 Fakultas Biologi ini, kami satu kelas adalah kelompok satu gugus, yaitu gugus Moeso Suryowinoto 3. Gugus Moeso 3 ini dipandu oleh kakak-kakak co-fasilitator yaitu Mas Prada dan Mbak Tiara. Co-fas berdua ini pokoknya paling seru! Kegiatan diawali dengan perkenalan. FYI, aku dari SMA Muhammadiyah yang sudah pasti teman-temannya beragama Islam semua, tapiii kali ini aku berkenalan dengan banyaak sekali teman dari berbeda agama, ras, suku, daerah asal, dan fakultas serta jurusan. Whoa, benar-benar pengalaman yang menyenangkan. Di hari pertama, kami masih sering lupa siapa nama ini dan siapa nama itu, dari fakultas mana dan jurusan apa. Jadi setiap mau ngobrol ya berkenalan dulu. :)) materi di hari pertama diisi oleh Mas Prada dan Mbak Tiara, diselingi dengan games-games ice breaking yang seru. Games tersebut dimainkan ketika kakak co-fas mengerti kami sudah mulai mengantuk hihi. Hari pertama berjalan dengan lancaar.

Masuk ke hari kedua, kali ini kami langsung menuju Fakultas Biologi di kelas yang sama seperti hari pertama. Pagi-pagi pukul 06.30 WIB sudah banyak teman di kelas dan sudah mulai ramai berbincang, sudah mulai perlahan mengingat nama dan fakultas asal masing-masing. Sama seperti hari pertama, materi hari kedua masih diisi oleh kakak-kakak co-fas yang kece itu. Tapi hari kedua ini adalah hari terakhir Mbak Tiara jadi co-fas di kelas kami. :( maka jadilah kami berfoto bersama dulu.


Cmiw, ada bonus kakak koor tuh di samping Mas Prada. Yang aku lupa nama kakak koornya siapa, maafkan aku, Kakak. :|

Memasuki hari ketiga, kami mengikuti PPSMB di fakultas masing-masing. Nah, aku mengikuti PPSMB di Fakultas ISIPOL (Ilmu Sosial dan Ilmu Politik). Namanya PPSMB Society. Di sini aku bertemu teman baru lagi di kelompok yang baru pula. Aku anggota dari kelompok Dewi Sartika yang dipandu oleh Mas Maygsi dan Mbak Teya. Satu kelompok ada 18 orang, dari jurusan (sekarang disebut departemen) yang berbeda-beda, aku sendiri dari Departemen Manajemen dan Kebijakan Publik (MKP). Ini nih kalau mau lihat rupa-rupa anggota kelompok Dewi Sartika.


 Sesampai kami di Fisipol, kami berkumpul di bawah pohon beringin besar. Semua kelompok membentuk lingkaran kecil lalu berlatih yel-yel dan jingle PPSMB Society. Lalu pada pukul 07.30 WIB kami check-in. Berbaris di depan salah satu anggota DPK (Dewan Pengawas Kegiatan) lalu memperagakan yel-yel kelompok serta jingle PPSMB Society. Kami juga mengumpulkan tugas yang sudah kami kerjakan. Psssttt.. seluruh tugas dalam PPSMB ini, baik tingkat universitas, fakultas, maupun departemen sudah melatih kami untuk selalu menggunakan sitasi dalam pengutipan. Maka jadilah kami selalu menggunakan sitasi, dalam obrolan di media sosial sekalipun! :D
Setelah check-in kami berkumpul di Selbar (Selasar Barat) dan melaksanakan pembukaan PPSMB Society. Ada sambutan dari Dekan Fisipol UGM, Bapak Erwan Agus Purwanto *Maaf, Bapak, aku tidak hafal gelarnya :(* Setelah pembukaan, kami melaksanakan FGD (Forum Group Discussion) mengenai kebebasan berekspresi. Lalu kami membuat poster untuk properti praktik politik praktis. Praktiknya dengan cara.... demo! Wow, kami menyampaikan aspirasi dengan berdemo di lingkungan sekeliling Fisipol. Seru, Fisipol bersatu tak bisa dikalahkan!

Memasuki hari keempat, masih PPSMB di fakultas Isipol, namun kali ini di departemen masing-masing. Di departemen MKP, nama kegiatannya adalah PPSMB Trade. Di PPSMB Trade ini aku adalah anggota kelompok 8 yang kami beri nama Herbert A. Simon, salah satu tokoh administrasi negara. Pemandunya adalah Mas Fanggi dan Mbak Tia. Kegiatannya hampir serupa dengan Society, yaitu FGD. Namun kali ini temanya adalah pasar tradisional dan pasar modern. Sebelum FGD, kami bermain games di beberapa stan yang diajag oleh panitia. Seru pokoknya, ada game rangking 1, ada estafet karet, ada memasukkan paku ke dalam botol secara berkelompok, dan lain-lain.
Singkat cerita, sewaktu kami sedang melaksanakan FGD, ada kejutan dari kakak divisi acara yang tiba-tiba mendobrak pintu dan mengamuk! Kami maba-maba yang polos ini agak ketakutan, apalagi ditambah kakak divisi Komdis (Komisi Disiplin) dan kakak dari divisi Humas yang turut memanaskan keadaan. Ya ampun, lalu kami semua disuruh keluar ruangan dan berkumpul di depan gedung. Kami duduk dan diam, menunduk, tidak tahu apa yang sebenarnya terjadi. Lalu, Mas Jeremy dari divisi Komdis memegang kertas, isinya (katanya) rangkuman diskusi di FGD tadi. Lalu salah satu dari kami diminta untuk maju dan membacanya. Dan isinya adalah.... "Selamat! Kalian semua lulus PPSMB Departemen. Selamat datang di Keluarga Besar MKP." Huwaaaaa, lalu kakak panitia dari balkon lantai atas menembakkan confetti berkali-kali. Ternyata yang tadi itu hanya akting. :') sampai ada yang nangis, hahaha! Kakak panitianya sampai minta maaf deh. :))
Di hari keempat ini juga ada penutupan PPSMB Society, lho. Ada drama dari Teater Selasar Fisipol, ada juga bernyanyi supporteran bersama oleh Sospoligan. Seru!

Baiklah, ceritanya udah mau habis kok. Tenang. Sudah memasuki hari kelima dan keenam. Kali ini kami kembali ke Fakultas Biologi dengan gugus Moeso 3. Kami sudah semakin akrab. Materi yang disampaikan adalah materi softskills, yang menyampaikan adalah dosen dari Biologi, Bapak Bagus. Hari kelima sih cuma materi doang. Yang greget itu hari keenam, kenapa? Berhubung ini hari terakhir, tentu saja ada closing ceremony! Bukan ceremony-nya yang ditunggu, tapi formasi penutupannya. Tentu UGM sudah terkenal dengan formasi yang dibuat setiap tahun. Daaan apakah formasi PPSMB tahun 2016 ini?

Jeng jeeeeng! Yes! Lambang PBB atau United Nations ini adalah formasi PPSMB 2016. Seketika aku merasakan bangga yang maksimal dengan menjadi bagian dari formasi ini. :') eits, tidak hanya itu. Cuma satu formasi?

Tadaaaaa! Selain lambang PBB, kami juga membentuk formasi-formasi di tahun sebelumnya dari tahun 2012-2015. Seru sekali! Panas tidak terasa, yang kami rasakan hanyalah kebanggaan.

Sepertinya itu saja yang bisa aku ceritakan, semoga untuk adik-adik kelas di luar sana bisa menjadi bagian dari PPSMB 2017. See you! Bonus dari gugus Moeso 3 <3




No comments:

Post a Comment